· STRUKTUR KONTROL
Struktur kontrol dalam bahasa
pemrograman adalah suatu perintah / Statement yang kita gunakan untuk mengatur
jalannya suatu program.
- · Struktur Kontrol Keputusan
Dalam bahasa pemrograman , Struktur Kontrol Keputusan
digunakan untuk MEMUTUSKAN bagian program mana yang akan dikerjakan dan bagian
program mana yang akan diabaikan ( dicuekin)
Dalam Java ada 3 macam Struktul Kontrol Keputusan :
1. IF
IF
digunakan apabila kita memiliki suatu syarat dimana syarat tersebut bernilai
TRUE , untuk lebih jelaskan lebih enak jika kita langsung praktek ke dalam
program.
2. IF-Else
IF-Else digunakan apabila
kita memiliki beberapa syarat dimana syarat tersebut adalah yang bernilai FALSE
dan TRUE , untuk jelasnya lebih enak dijelaskan ke dalam program
3. Switch
Berbeda dengan IF dan IF-Else , Syarat yang ada di
dalam Switch bisa sangat beragam . Penjelasannya adalah di bawah ini.

- Struktur Kontrol Pengulangan
Struktur Kontrol Pengulangan digunakan untuk mengulang
blok-blok atau bagian dari kode program sesuai dengan keinginan kita
Untuk Struktur Kontrol Perulangan dibagi tiga , yaitu:
1. FOR
Struktur Kontrol Pengulangan FOR digunakan untuk
mengulang suatu program secara berulang-ulang . Format untuk menggunakan FOR
dalam suatu program adalah sebagai berikut :

– Inisialisation : inisialisasi pada variable yang
digunakan untuk perulangan ( looping)
– Condition : membuat suatu kondisi dimana variable diulang sesuai dengan keinginan
– Iteration : membuat status update pada variable yang dilooping
– Condition : membuat suatu kondisi dimana variable diulang sesuai dengan keinginan
– Iteration : membuat status update pada variable yang dilooping
Kalau masih bingung , di bawah akan diberikan contoh
programnya

2. WHILE
While merupakan suatu Suatu Struktur
Kontrol perulangan dimana blok-blok statement program kita akan diulang sampai
kondisinya sesuai (TRUE). Untuk format penulisan while bisa dilihat di
bawah ini :

Masih bingung? di bawah ini akan
diberikan contoh program supaya lebih enak untuk dimengerti :

3. DO-WHILEDO
WHILE adalah Struktur Kontrol Perulangan yang sama dengan while , dimana
blok-blok kode kita akan diulang sampai kondisinya TRUE . untuk format
penulisan DO-WHILE ada di bawah ini :

untuk contoh
dari DO-WHILE akan dituliskan di bawah ini : untuk contoh dari DO-WHILE
akan dituliskan di bawah ini :

Tidak ada komentar:
Posting Komentar